Rekayasa Perangkat Lunak 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak atau biasa di singkat dengan RPL adalah salah satu bidang profesi dan juga mata pelajaran yang mempelajari tentang pengembangan perangkat-perangkat lunak termasuk dalam hal pembuatannya, pemeliharaan hingga manajemen organisasi dan manajemen kualitasnya.
Perangkat lunak sendiri merupakan sekumpulan data yang tersimpan dan terprogram oleh sistem komputer, istilah ini cukup umum dengan sebutan software. Merupakan elemen dari komputer, software menjadi elemen yang tidak tampak secara fisik. Ia berisi instruksi-instruksi yang diprogram dan bisa berada di perangkat keras manapun, software pada mulanya adalah sebuah kode mesin atau machine code yang dibuat oleh seorang ilmuwan. Berisi angka-angka biner yang dapat dikenali oleh komputer, terkhusus prosesor. Software bekerja dengan membuat instruksi tertentu dalam melakukan perhitungan, logika, input-output, dan aritmatika pada prosesor.
Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak berasal dari 2 kata yaitu Software( Perangkat Lunak) dan Engineering (Rekayasa). Perangkat Lunak (Software) adalah source code pada suatu program atau sistem. Perangkat lunak tidak hanya dokumentasi terhadap source code tapi juga dokumentasi terhadap sesuatu yang dibutuhkan selama pengembangan, instalasi, penggunaan dan pemeliharaan sebuah sistem. Engineering atau Rekayasa adalah aplikasi terhadap pendekatan sistematis yang berdasar atas ilmu pengetahuan dan matematis serta aplikasi tentang produksi terhadap struktur,mesin, produk, proses atau sistem. Rekayasa Perangkat Lunak adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek.
Faktor-faktor yang
melatarbelakangi munculnya RPL :
· Perubahan nisbah/rasio beaya perangkat keras thd harga perangkat lunak
· Kemajuan pesat perangkat keras
· Kemajuan dalam teknik-teknik pembuatan perangkat lunak
· Tuntutan yang lebih tinggi thd jumlah perangkat lunak
· Tuntutan yang lebih tinggi thd mutu perangkat lunak
· Meningkatnya peran pemeliharaan
Karakteristik Perangkat Lunak
Atribut Perangkat Lunak seharusnya memberikan pengguna kebutuhan fungsionalitas dan unjuk kerja yang dapat di rawat, berguna. Dalam Buku Software Engineering Ian Sommerville, Perangkat Lunak mempunyai Karakteristik sebagai berikut:
1. Maintanability
(Dapat Dirawat), Perangkat Lunak harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan
2. Dependability,
Perangkat Lunak harus dapat dipercaya
3. Efisiensi,
Perangkat Lunak harus efisien dalam penggunaan resource
4. Usability,
Perangkat Lunak harus dapat digunakan sesuai dengan yang Direncanakan
Jenis-Jenis Perangkat Lunak
Pengelompokan
jenis perangkat lunak dapat dilakukan dengan mengelompokkan cara pembuatannya,
pembuatan perangkat keras dapat dikelompokkan menjadi 2(dua), yaitu;
1.
Perangkat Lunak Generik (Generic Software)
Merupakan
perangkat lunak yang berdiri sendiri (stand alone) dengan menggunakan standar
tertentu yang diproduksi oleh organisasi pengembang perangkat lunak (vendor)
dan biasa dijual secara bebas dan
siapapun dapat membeli. Contoh perangkat lunak generik antara Office Aplication
(aplikasi perkantoran), Database Engine (mesin data), Graphic Package (paket
pengolah grafik) , Programming Application (Paket Pemrograman)dan lain
sebagainya.
2.
Perangkat Lunak Pesanan (Order Software)
Merupakan
perangkat lunak yang dipesan oleh pelanggan tertentu kepada pengembang
perangkat lunak (vendor) untuk memenuhi
kebutuhan fungsi tertentu yang dikehendaki pemesan. Penagkat lunak yang dipesan
secara khusus ini biasanya ditujukan untuk mendukung proses bisnis, mengatur
perangkat ektromekanik pada manufacture, system control suatu
aktifitas khusus (misal pelabuhan udara, pengaturan lalullintas jalan raya),
Sedangkan bila dikelomppokkan berdasar
penggunaannya dikelompokkan dalam 8 katagori, yaitu
1. a. System Software
Perangkat
lunak yang bertanggungjawab untuk mengendalikan, mengintegrasikan, dan
mengelola komponen perangkat keras atau perangkat lunak lainnya tanpa melihat jenjang dari perangkat
lunak tersebut.Perangkat lunak ini pada umumnya
memiliki fungsi dasar sistem operasi
seperti menyalin (copy), memindahkan (transfer), menyimpan (save),
menghapus (delete), mem-format, pengelolaan berkas (file manager), tek editor,
pengendalian otentifikasi, pengendalian jaringan, pencetakkan (print), dan
penggunaan sumberdaya yang terdapat pada perangkat keras lainnya.
2. b. Real-time software
Perangkat
lunak yang dgunakan un memonitor, meng-analisa, dan mengendalikan tiap peristiwa yang terjadi secara
langsung.Perangkat lunak ini menggumpulkan data tiap kejadian kemudian
menganalisa dan menanggapi hasil analisa dengan mengirimnya pada perangkat yang
lain, contoh perangkat lunak pendeteksi gempa, pendeteksi tsunami , pendeteksi
gunung berapi dan yang lainnya.
3. c. Business Software
Perangkat
keras yang dipergunakan untuk mengelola kerumitan proses bisnis dalam
organisasi, perangkat ini biasanya ter-integrasi satu dengan yang lainnya
membentuk sebuah jejaring system dalam organisasi yang kemudian di dalam
organisasi disebut Management Information System . Misal penggunaan sistem
penjualan, pergudangan, penggajian, kepegawaian dan lain sebaginya.
4. d. Engineering and Scientific software.
Perangkat
keras yang disusun secara khusus mengikut sertakan berbagai rumus-rumas pada
ilmu pengetahuan tertentu, perangkat lunak
ini bisanya dilakukan untuk proses simulasi suatu kejadian.
5. e. Embedded software
Perangkat
lunak yang dirancang khusus untuk piranti modern cerdas, dimana fungsi dari
perangkat lunak ini sebagai pengendali terhadap peralatan tersebut , misal
keypad pada perangkat rumah tangga, panel control mobil, perangkat, instrument pemutus arus pada
pembangkit listrik dan lain-lain
6. f. Personal Software
Perangkat
lunak yang dibuat untuk membantu menyelesaikan/memenuhi pekerjaan manusia
secara individual sebagai contoh memainkan music dan video, pekerjaan
perkantoran, mengkoleksi database, berkomunikasi dengan komunitas tertentu dan
berbagai keperluan lainnya.
7. g. Web
base software
Perangkat
lunak yang dipergunakan untuk menjalankan bernagai perintah pada jejaring
internet , berbagai format data dapat dikelola dengan menggunakan format HTML,
PHP, ASP, ASPX.
8. h. Artificial intelligence software
Perangkat lunak
ini dibuat untuk menyelesaikan pekerjaan rumit dan non numerical algorithm,
menggunakan metoda neumal network.
Mutu Perangkat Lunak
Terdapat 3 pihak (minimal) yang mempengaruhi
mutu perangkat lunak yaitu
1. Sponsor
Seseorang atau organisasi yang
membiayai/membayar selama pengembangan atau perantaraan sistem software dan
biasanya mempunyai respon terhadap pengembangan sistem software itu sendiri
dengan melibatkan perhitungan biaya yang optimal.
2. User
Setiap orang yang secara langsung berinteraksi
terhadap eksekusi software, yang secara langsung memberi input ke komputer dan
menggunakan/menikmati output dari komputer.
3. Developer
Seseorang atau organisasi yang memberikan
modifikasi dan memelihara terhadap error serta mengembangkan sistem software
tersebut.
Mitos Perangkat Lunak
Ada 3 mitos yang berkaitan dengan perangkat lunak yaitu :
Mitos Manajemen
Manajer yang bertanggung jawab terhadap masalah perangkat lunak, seperti juga manajer pada kebanyakan disiplin, sering mengalami tekanan karena masalah pengaturan keuangan, menjaga jadwal agar tidak kacau,dan peningkatan kualitas.
Mitos Pelanggan
Pelanggan mempercayai mitos tentang perangkat lunak karena manajer dan para pelaksana yang bertanggung jawab atas masalah perangkat lunak hanya bekerja sedikit saja untuk memperbaiki kesalahan informasi. Mitos ini membawa kea rah pengharapan yang salah oleh pelanggan dan ketidak puasan pengembang.
Mitos para Praktisi
Pemrograman dilihat sebagai sebuah karya seni
Krisis Perangkat Lunak
1. Sebutkan
jenis perangkat lunak
2. Bagaimana
cara kamu mengatasi Mitos Perangkat Lunak untuk menghasilkan perangkat lunak
yang bermutu
3. Tulislah
sebuah rangkuman karya tulis yang merangkum kemajuan terkini pada salah satu
aplikasi perangkat lunak yang “memimpin”. Pilihan-pilihan potensial meliputi
kecerdasan buatan, realitas virtual, jaringan syaraf tiruan.
Jawab
1. Jenis perangkat lunak :
Perangkat Lunak Generik (Generic Software)
Merupakan perangkat lunak
yang berdiri sendiri (stand alone) dengan menggunakan standar tertentu yang
diproduksi oleh organisasi pengembang perangkat lunak (vendor)
dan biasa dijual secara bebas dan siapapun dapat membeli.
Perangkat Lunak Pesanan (Order Software)
Merupakan perangkat lunak
yang dipesan oleh pelanggan tertentu kepada pengembang perangkat lunak
(vendor) untuk memenuhi kebutuhan fungsi tertentu yang dikehendaki
pemesan.
2. Untuk menghasilkan sebuah perangkat lunak yang bermutu
kita membutuhkan manajemen yang baik dalam mengatur keuangan, waktu,
bertaggungjawab dalam melakukan pengembangan perangkat lunak sehingga pelanggan
puas
3. Kecerdasan buatan yang dibangun mempunyai beberapa komponen yang saling berhubungan untuk membangun sistem yaitu basis pengetahuan, mesin inferensi, antar muka pemakai. Persoalan yang dipecahkan dalam sistem ini adalah bagaimana cara menyusun aturan yang terdiri atas beberapa premis dan konklusi dari fakta-fakta yang tersedia, sehingga dihasilkan suatu solusi, dengan menggunakan mesin inferensi yaitu forward chaining, selain itu sistem ini juga menggunakan suatu penalaran knowledge base yaitu penalaran rule-based reasoning.
Ini membahas tentang pendiagnosaan
keadaaan bayi dalam kandungan yang menggunakan teknik inferensi forward
chaining, yang memulai penalarannya mulai dari sekumpulan fakta-fakta menuju
sebuah hipotesa (solusi). Sistem yang dikembangkan memberikan keleluasaan pada
perekayasa pengetahuan untuk memasukkan himpunan aturan pada basis pengetahuan
dan diperolehnya suatu solusi berdasarkan basis pengetahuan yang ada.
Disusun Oleh :
Aulia Intan Nuraini (20120036)
Komentar
Posting Komentar